Header Ads

Awas, jadi perokok pasif bisa sebabkan keguguran!

Ketika hamil, wanita disarankan untuk berhenti merokok. Hal ini agar racun yang terdapat dalam rokok tak masuk ke aliran darah dan berpengaruh buruk terhadap kesehatan janinnya. Namun ternyata tak hanya merokok saja, paparan asap rokok pun sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

Penelitian yang dipimpin oleh Andrew Hyland dari Roswell Park Cancer Institute di Buffalo, New Jersey mengungkap bahwa paparan asap rokok pada ibu hamil akan meningkatkan risiko keguguran, komplikasi kehamilan, atau kematian bayi. Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati data dari 80.000 wanita dalam Women's Health Initiative.

Semua partisipan diketahui pernah hamil setidaknya satu kali. Dari semua wanita itu, 6,3 persen adalah perokok, 43 persen adalah mantan perokok, dan 51 persen bukan perokok. Tim peneliti kemudian mencari tahu berapa banyak perokok pasif pada wanita yang bukan perokok, seperti dilansir oleh Web MD (27/02).


Sekitar satu dari tiga partisipan diketahui pernah mengalami keguguran. sementara 4,4 persen mengalami kematian bayi saat lahir, dan 2,5 persen mengalami komplikasi saat hamil. Dibandingkan wanita yang tak pernah merokok, wanita mantan perokok diketahui 16 persen lebih berkemungkinan mengalami keguguran, 44 persen lebih berkemungkinan mengalami kematian bayi saat lahir, dan berkemungkinan 43 persen lebih tinggi mengalami hamil anggur.

Peneliti mengungkap bahwa semakin lama wanita non-perokok terkena paparan asap rokok dari orang lain, semakin besar pula risikonya untuk mengalami keguguran dan masalah pada kehamilan. Mereka mengetahui bahwa wanita yang menjadi perokok pasif lebih dari 20 tahun memiliki kemungkinan 17 persen untuk mengalami keguguran, 55 persen mengalami kematian bayi saat lahir, dan 61 persen mengalami hamil anggur.

Hasil penelitian ini bisa memberikan informasi penting bagi para wanita hamil. Berhenti merokok segera dan bagi Anda yang bukan perokok, sebaiknya hindari paparan asap rokok dari siapapun orang terdekat Anda. Lindungi kesehatan Anda dan janin dengan menjauhi paparan asap rokok.

Tidak ada komentar