Header Ads

Tips Sehat Berpuasa Ramadhan

ps Sehat Berpuasa Ramadhan


Assalamu alaikum...sobat skalian...Happy Puasa
Apa kabar nih,,,gimana persiapannya untuk puasa besok, udah ok kan. pada posting kali ini, saya mau berbagi beberapa Tips Sehat Berpuasa Ramadhan, agar puasa sobat lancar sentosa.
Gak usah berbasa-basi (entar basi lgi,,@alay) hehe. langsung saja deh
check this out sobat..

* Minum yang cukup dan Makan makanan yang sehat.
Setelah berbuka puasa, sobat harus minum dalam jumlah besar. Sobat juga harus minum saat bersahur. Kebutuhan hidrasi tubuh kita adalah sekitar 1,5 liter per hari. Minum secukupnya saja, tidak usah berlebih.
Sebaiknya juga sobat skalian menerapkan diet sehat pada saat berbuka. Gak usah berlebihan lah melahap kue dan makanan manis yang bahkan dalam jumlah besar sekalipun tidak memuaskan rasa lapar dan mengganggu pola makan. Pertimbangkan memakan kurma yang dapat mengisi ulang energi dengan cepat.
eits,,ingat Jangan langsung berbuka dalam porsi besar ya. Mulailah dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar.

*Gak usah makan terlalu banyak
Ini nih yang menjadi salah satu penyakit kita, dimana ketika waktu berbuka puasa dah tiba, tanpa fikir panjang langsung tuh makanannya di embat semua. Makan berlebihan tidak hanya mengganggu tubuh kita sobat, tetapi juga membuat ngantuk saat shalat tarawih (POINT PENTING).
Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, sobat blogger sebaiknya tetap makan tiga kali sehari,,"waduh kok tiga kali sehari sih ?"
eh jangan salah sangka dulu gini nih yang pertama tuh saat sahur, trus yang kedua saat berbuka dan yang terakhir sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka (sesudah salat tarwi lah).
Saat bersahur,  saya sarankan makan buah-buahan untuk vitamin dan untuk sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. 
  Penting untuk bersantap sahur mendekati saat imsak
Jika memungkinkan nih, tidurlah di awal siang untuk mengumpulkan energi. Hindari sinar matahari dan panas yang menimbulkan dehidrasi. tapi jangan berfikir untuk tidak ke luar rumah, oke.

*Gak usah bekerja terlalu keras
Bagi yang suka berolahraga harus ekstra hati-hati untuk tidak berolahraga terlalu keras selama bulan Ramadhan ini. Saya juga menganjurkan untuk berolahraga yang tidak intensif di sore hari sebelum saat berbuka dan minimalkan penggunaan tenaga fisik, agar gak cepat lelah.

*Penderita diabetes. 
Bagi penderita diabetes harusnya nih ya,check up deh memonitor gula darah sobat, cukup hidrasi dan tidak makan yang manis-manis tanpa nasihat medis.

*Orang yang lemah fisik.
Puasa seharusnya gak memperburuk status kesehatan orang dengan kondisi medis, hehe itu pendapat saya. Ibu hamil atau menyusui, lansia, pasien hipertensi, penyakit jantung atau asma, biasanya tidak wajib berpuasa Ramadhan. Bila tetap berpuasa, mereka harus berkonsultasi dengan dokter jika merasakan tanda-tanda gangguan kesehatan. Demi keselamatan yang lebih baik, saya sarankan untuk pergi ke dokter sebelum dan sesudah Ramadhan. untuk cegahcegah gitu...

*Jangan menghentikan pengobatan tanpa nasihat medis gan !!!. Orang yang harus mendapatkan pengobatan berkala harus mendapatkan saran dari dokter dan ustadz mereka. Mereka tidak harus berpuasa Ramadan jika hal itu membawa risiko pada kesehatan mereka. @gak usah dipaksain, kalau memang sobat gak sanggup. tapi ada baiknya sobat bicarakan sama ustadz di tempat tinggal sobat.
*Segera membatalkan puasa bila mendapatkan masalah kesehatan. Bila sobat skalian mengalami masalah medis selama sehari dan tidak dapat pulih dengan cepat, mungkin sebaiknya sobat gak usah berpuasa sehari atau lebih. Hari-hari di mana sobat tidak berpuasa dapat diganti sebelum Ramadhan berikutnya, ingat gak usah memaksakan diri.

yah itulah beberapa tips dari saya, moga ramadhan kali ini puasa kita semua lancar dan gak ada halangan apapun..AMIN...
Ada lagi nih tambahan dari saya, jangan lupa salat dan perbanyak baca do'a ya,,,,karna niscaya Allah SWT akan membantu kita melewati bulan ini,,,
KEEP SMILE Guys....hehehe

Tidak ada komentar